Senin, 27 Februari 2012

SEKOLAH VOKASI UGM 2012 / 2013

 Deskripsi Jalur

  • PENELUSURAN BIBIT UNGGUL TIDAK MAMPU (PBUTM)
  • PBUTM merupakan bentuk kepedulian Program Diploma Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Peserta diusulkan oleh sekolah maksimal dua peserta tiap sekolah. Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 6 semester ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.
  • PENELUSURAN BIBIT UNGGUL PEMBANGUNAN DAERAH (PBUPD)
  • PBUPD merupakan bentuk kepedulian Program Diploma Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada terhadap pembangunan daerah melalui program kemitraan antara daerah dengan UGM. Ditujukan kepada putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah yang diusulkan dan dibiayai oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang kredibel di daerah.
  • PENELUSURAN BIBIT UNGGUL BERPRESTASI (PBUB)
  • PBUB ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik disertai dengan prestasi bidang ipteks (ilmu pengetahuan teknologi, dan seni) Peserta diusulkan oleh sekolah dengan jumlah maksimal dua peserta tiap sekolah dengan pilihan program studi sesuai bidang prestasinya. Peserta seleksi ini dibebaskan dari biaya SPP selama enam semester.
  • PENELUSURAN BIBIT UNGGUL SEKOLAH MENENGAH ATAS, MADRASAH ALIYAH, DAN KEJURUAN (PBUSMAK)
  • PBUSMAK merupakan seleksi bagi siswa-siswi SMA, MA, dan SMK untuk memasuki Program Diploma Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada melalui program seleksi administrasi akademik sebagai upaya untukmenjaring calon mahasiswa UGM yang memiliki kemampuan akademik, ketrampilan dan kematangan pribadi, yang ditunjukkan dengan prestasi yang telah dicapai di Sekolah.
  • UJIAN TULIS ( UTUL )
  • UTUL diadakan untuk seleksi calon mahasiswa baru Program Diploma Sekolah Vokasi UGM yang berkualitas dengan kemampuan akademik disertai penguasaan bidang keahlian yang unggul untuk menunjang penyelesaian pendidikan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan. Materi seleksi meliputi Tes Potensi, Pengetahuan Dasar, Ilmu Pengetahuan Alam / Ilmu Pengetahuan Sosial (sesuai program studi yang dipilih).

Persyaratan Peserta

SYARAT UMUM PBU
  • Pada tahun ajaran 2011/2012 siswa duduk di tahun terakhir SMA/MA/SMK
  • Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

SYARAT KHUSUS PBU
  • Peserta PBUTM
  • Siswa yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelasnya pada semester lima, atau 75% terbaik pada semester empat untuk siswa kelas akselerasi. Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, serta Surat Rekomendasi dari pejabat terkait. Berasal dari keluarga tidak mampu, didukung dengan data :
    1. Fotokopi Kartu Keluarga yang disahkan pejabat desa.
    2. Keterangan penghasilan orangtua/wali yang disahkan (oleh camat bagi non karyawan, oleh Bendahara Gaji Pegawai bagi karyawan institusi).
  • Peserta PBUPD
  • Pengusulan calon oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan. Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, serta Surat Rekomendasi dari pejabat terkait. Kemampuan membayar biaya pendidikan yang dibuktikan dengan Surat kesanggupan dari instansi penanggung biaya untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai.
  • Peserta PBUB
  • Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, dan Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah, yang menyatakan bahwa calon tersebut memiliki kemampuan menyelesaikan pendidikan. Mempunyai prestasi bidang ipteks sesuai program studi yang dipilih.
  • Peserta PBUSMAK
  • Siswa yang diusulkan merupakan 25% siswa terbaik di kelasnya pada semester lima, atau 75% terbaik pada semester empat untuk siswa kelas akselerasi. Pengusulan calon disertai dengan fotokopi rapor mulai semester satu sampai lima (sampai semester empat bagi siswa akselerasi) yang disahkan oleh Kepala Sekolah, serta Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah, yang menyatakan bahwa calon tersebut akan dapat tekun dan berhasil dalam menyelesaikan pendidikan di Program Diploma Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada. Kemampuan membayar biaya pendidikan yang dibuktikan dengan Surat Kesanggupan Orangtua calon untuk membayar biaya pendidikan sampai selesai.

SYARAT UMUM UJIAN TULIS
  • Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2010 s.d. 2012
  • Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

Prosedur Pendaftaran

  • Peserta PBUTM
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.10.000,00 melalui system multi-payment Bank BTN dan Bank BRI. Petunjuk pembayaran dapat dilihat disini. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran. Kepala sekolah mengirimkan berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi akademik calon peserta seleksi PBUTM dan dimasukkan ke stofmap warna hijau dengan menuliskan "PBUTM/SV" di pojok kanan atas yang ditujukan ke Sekretariat UM Sekolah Vokasi UGM. Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia pendaftaran. Penerimaan berkas pendaftaran dilayani mulai tanggal 7 Februari s.d. 14 Mei 2012 (hari Senin - Jumat, pukul 08.00 - 15.00 WIB). Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Peserta PBUPD
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000,00 melalui system multi-payment Bank BTN dan Bank BRI. Petunjuk pembayaran dapat dilihat disini. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran. Wakil Pemerintah Daerah mengirimkan berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi akademik calon peserta seleksi PBUPD dan dimasukkan ke stofmap warna merah dengan menuliskan "PBUPD/SV" di pojok kanan atas yang ditujukan ke Sekretariat UM Sekolah Vokasi UGM. Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia pendaftaran. Penerimaan berkas pendaftaran dilayani mulai tanggal 7 Februari s.d. 14 Mei 2012 (hari Senin - Jumat, pukul 08.00 - 15.00 WIB). Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Peserta PBUB
  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000,00 melalui system multi-payment Bank BTN dan Bank BRI. Petunjuk pembayaran dapat dilihat disini. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran. Kepala Sekolah mengirimkan berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi akademik calon peserta seleksi PBUB dan dimasukkan ke stofmap warna kuning dengan menuliskan "PBUB/SV" di pojok kanan atas yang ditujukan ke Sekretariat UM Sekolah Vokasi UGM. Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia pendaftaran. Penerimaan berkas pendaftaran dilayani mulai tanggal 7 Februari s.d. 14 Mei 2012 (hari Senin - Jumat, pukul 08.00 - 15.00 WIB). Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Peserta PBUSMAK
  • Membayarkan biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,00 melalui system multi-payment Bank BTN dan Bank BRI. Petunjuk pembayaran dapat dilihat disini. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran. Kepala Sekolah mengirimkan berkas pendaftaran dan semua persyaratan disertai bukti-bukti prestasi akademik calon peserta seleksi PBUSMAK dan dimasukkan ke stofmap warna biru dengan menuliskan "PBUSMAK/SV" di pojok kanan atas yang ditujukan ke Sekretariat UM Sekolah Vokasi UGM. Berkas pendaftaran dapat dikirim lewat pos atau disampaikan langsung ke panitia pendaftaran. Penerimaan berkas pendaftaran dilayani mulai tanggal 7 Februari s.d. 14 Mei 2012 (hari Senin - Jumat, pukul 08.00 - 15.00 WIB). Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

Jadwal Kegiatan

Program Pembayaran Pendaftaran Penerimaan Berkas Tes Tertulis Pengumuman
PBUTM 7 Feb-11 Mei 7 Feb-11 Mei 7 Feb-14 Mei - 20 Mei 2012
PBUPD 7 Feb-11 Mei 7 Feb-11 Mei 7 Feb-14 Mei - 20 Mei 2012
PBUB 7 Feb-11 Mei 7 Feb-11 Mei 7 Feb-14 Mei - 20 Mei 2012
PBUSMAK 7 Feb-11 Mei 7 Feb-11 Mei 7 Feb-14 Mei - 20 Mei 2012
UTUL Gel 1 23 Mei-8 Juni 23 Mei-8 Juni* - 10 Juni 2012 18 Juni 2012
UTUL Gel 2 20 Juni-20 Juli 20 Juni-20 Juli* - 22 Juli 2012 30 Juli 2012
Ket.
- : tidak ada kegiatan.
* : Hari terakhir ditutup jam 12.00 WIB.
 

Petunjuk Pembayaran Biaya Pendaftaran
Program Diploma Sekolah Vokasi


Jadwal Kegiatan Program Diploma Sekolah Vokasi:
Program Pembayaran Pendaftaran Verifikasi Tes Tertulis Pengumuman Kode Bank BTN Kode Bank BRI Biaya Pendaftaran
PBUTM 7 Feb-11 Mei 7 Feb-11 Mei - - 20 Mei 2012 1 6 Rp. 10.000,-
PBUB & PBUSMAK 7 Feb-11 Mei 7 Feb-11 Mei - - 20 Mei 2012 2 7 Rp. 250.000,-
PBUPD 7 Feb-11 Mei 7 Feb-11 Mei - - 20 Mei 2012 3 9 Rp. 250.000,-
UTUL Gel 1 23 Mei-8 Juni 23 Mei-8 Juni* - 10 Juni 2012 18 Juni 2012 4 4 Rp. 250.000,-
UTUL Gel 2 20 Juni-20 Juli 20 Juni-20 Juli* - 22 Juli 2012 30 Juli 2012 5 5 Rp. 250.000,-

Pembayaran via teller Bank BTN dan Bank BRI

Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan di Kantor Cabang Bank BTN (bukan Kantor Pos / eBatara Pos) dan Bank BRI.
Saudara tidak perlu menggunakan nomor rekening tujuan.
Cukup beritahukan Kode (lihat tabel diatas) dan No. Induk Siswa di sekolah (ambil angkanya saja dan maksimal 9 angka terakhir).

Contoh Bank BTN:

31234, untuk pembayaran PBUPD (kode 3) dengan No. Induk Siswa 1234.
Kemudian Teller Bank BTN akan mencatatkan data pembayaran ke Sistem Host To Host UGM. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
Pada Bukti Pembayaran akan terlihat password dan tanggal pembayaran untuk login ke http://um.ugm.ac.id/ dan melakukan pendaftaran.

Contoh Bank BRI:

91234, untuk pembayaran PBUPD (kode 9) dengan No. Induk Siswa 1234.
Kemudian Teller BankBRI akan mencatatkan data pembayaran ke Sistem Host To Host UGM. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
Pada Bukti Pembayaran akan terlihat password dan tanggal pembayaran untuk login ke http://um.ugm.ac.id/ dan melakukan pendaftaran.

Pembayaran via ATM BRI

Pembayaran biaya pendaftaran via ATM BRI dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Pada menu utama, pilih 'TRANSAKSI LAIN'.
  • Pilih 'PEMBAYARAN'.
  • Pilih 'PENDIDIKAN'.
    Masukkan Kode Univ: 011 (UGM) diikuti kode bayar (lihat tabel, misalnya 9 PBUPD) diikuti 'NIS' Saudara (ambil angkanya saja dan maksimal 9 angka terakhir), misalnya 0119123456 jika 'NIS' Saudara adalah 123456.
  • Tekan tombol 'BENAR'.
  • Layar akan menampilkan identitas dan jumlah pembayaran Saudara kemudian tekan 'YA' untuk melakukan pembayaran atau tekan 'TIDAK' untuk membatalkan.
    Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.
 HALAMAN WEB PENDAFTARAN ONLINE VOKASI
1. PBUTM : http://um1.ugm.ac.id/snmptnugm2012/index.php?pModule=online_reg&pSub=online_reg_pbutm_sv&pAct=view
2. PBUSMAK  http://um1.ugm.ac.id/snmptnugm2012/index.php?pModule=online_reg&pSub=online_reg_pbusmak_sv&pAct=view
3. PBUB http://um1.ugm.ac.id/snmptnugm2012/index.php?pModule=online_reg&pSub=online_reg_pbub_sv&pAct=view
4. PBUPD  http://um1.ugm.ac.id/snmptnugm2012/index.php?pModule=online_reg&pSub=online_reg_pbupd_sv&pAct=view

Informasi Kelengkapan Berkas Peserta Sekolah Vokasi

No. Berkas PBUSMAK PBUPD PBUTM PBUB UTUL
1. Album Panitia.
2. Pas foto berwarna terbaru, ukuran 4x6 (background selain merah).
3. Surat Pengantar dari Kepala Sekolah. - -
4. Surat Pengantar dari penyandang dana. - - - -
5. Kesanggupan pembiayaan, bermeterai. -
6. Fotokopi Rapor. -
7. Fotokopi Piagam Kejuaraan.        
8. Fotokopi Kartu Keluarga. -      
9. Keterangan penghasilan orangtua/wali. - -
10. Keterangan tidak mampu dari pemerintah setempat       √    
11. Fotokopi STK/STTB/UAN. - - - -

Keterangan:
  1. Album Panitia adalah lembar ke-2 (setelah Kartu Peserta) yang di-print pendaftar saat selesai mengisi formulir pendaftaran di situs UM.
  2. Surat Pengantar dari Kepala Sekolah bagi peserta Bibit Unggul menerangkan bahwa siswa dicalonkan oleh Sekolah sebagai peserta program seleksi yang dikuti.
  3. Keterangan Penghasilan orangtusa/wali disahkan oleh camat bagi non-karyawan, atau oleh Bendaharawan Gaji Pegawai bagi karyawan institusi).
  4. Fotokopi Kartu Keluarga (C1) disahkan RT, RW, dan Kepala Desa/Lurah.
  5. Fotokopi Rapor dan Piagam Kejuaraan dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  6. Fotokopi Piagam Kejuaraan tidak wajib bagi peserta PBS dan PBUPD.
Contoh surat :

4 komentar: